Categories
Uncategorized

Cara Mengharumkan Karpet Masjid

Cara mengharumkan karpet masjid

Cara mengharumkan karpet masjid yang benar dan wangi itu tidak semudah yang kita bayangkan, karena di zaman sekarang sudah canggih dan sudah modern. Jadi saya sarankan untuk anda jangan sembarang untuk mengharumkan karpet, karena bisa merusak karpet masjid.

Jadi saya akan kasih saran untuk cara mengharumkan karpet masjid yang benar dan wangi. Caranya berikut ini:

http://agenkarpetmasjid.com

Masjid adalah salah satu tempat ibadah dan tempat sujud kepada Allah SWT. Namun tempat ini tidak hanya untuk beribadah tetapi juga bisa di jadikan untuk aktivitas jamaah yaitu untuk mengadakan kajian dan taklim-taklim lainnya.

Masjid juga adalah tempat untuk berkumpulnya umat islam, karena masjid di buka 24 jam untuk  semua jamaah bebas untuk melakukan kegiatan apapun. Yang penting bersifat keislaman atau  untuk beribadah contohnya melakukan sholat sunnah maupun sholat wajib.

Hal ini yang berdampak untuk menjaga kebersihan masjid. Terkadang kotor, karpet menjadi bau, dan mudah membuat jamaah-jamaah menjadi tidak nyaman ketika hendak melakukan ibadah.

Baca Juga : penyebab karpet masjid bau pesing

Inilah cara mengharumkan karpet masjid

  1. Memasang keset

Hal ini sangat berguna supaya untuk menjaga kebersihan karpet masjid. Karena ketika jamaah ingin masuk ke dalam masjid maka hal pertama dia lakukan adalah menginjak keset. Jadi kotoran yang menempel di kaki akan tidak membuat karpet masjid menjadi kotor dan bau.

  1. Hendaknya bersihkan karpet secepatnya

Agar karpet masjid kita ingin wangi dan bersih. Noda yang di biarkan terlalu lama maka akan terjadinya timbul bau yang tidak sedap. Anda juga bisa gunakan bekking soda atau cuka untuk membersihkan noda yang membandel di karpet masjid. Jika ingin aroma baunya jadi wangi anda juga gunakan campuran bekking soda dengan essential oil aroma levender. Lalu anda tinggal masukan ke dalam vacuum clener maka aroma akan merata ke seluruh karpet masjid.

  1. Menggunakan vacuum clener

Karena alat ini sangat berguna untuk menjaga kebersihan karpet masjid dan membuat aroma menjadi wangi. Namun saya sarankan kepada anda untuk memakai vacuum clener yang berkualitas agar tidak merusak tekstur pada karpet.  Anda juga bisa gunakan deterjen yang khusus untuk membersihkan karpet masjid menjadi wangi dan bersih.

  1. Menjemur karpet

Cara jika anda sulit untuk mencuci karpet, maka saya sarankan untuk selalu rutin dalam menjemur karpet masjid. Hal ini agar karpet menjadi wangi dan bersih.  Dan jangan lupa untuk mevacuum karpet setelah di jemur, karena ketika karpet di jemur akan timbul debu dan kotoran. Dan beri juga pewangi ketidak hendak memasanganya.

  1. Menjaga peraturan masjid

Hal ini sangat penting untuk merawat dan menjaga kebersihan karpet masjid. Jadi anda untuk selalu mematuhi peraturan yang sudah terpasang di masjid contoh dilarang untuk membawa makanan atau minuman ke dalam masjid.

Inilah beberapa cara untuk mengharumkan karpet masjid, namun tidak hanya mengharumkan saja yang anda ketauhi. Tetapi anda juga harus tau bagaimana cara untuk merawat dan menyimpan karpet masjid.

Baca Juga : cara memperbaiki karpet masjid

Cara merawat karpet

1.       Menggulungnya

Cara ini sangat penting karena ketika karpet anda lipat itu akan membuat karpet menjadi ada sebuah lipatan yang membekas. Dan membuat karpet menjadi tidak enak ketika di pandang.

 

2.      Gulung karpet bagian atas ke dalam

Ketika anda menggulungnya pastikan dengan kuat, karena ketika kerpat di gulung dengan kuat membuat karpet menjadi lebih aman.

 

3.      Bungkus karpet yang sudah di gulung dengan kain

Membungkus karpet adalah supaya menghindari dari kotoran debu. Ketika membungkus hindari dengan plastik, karena akan membuat karpet menjadi lembab dan jamuran.

4.      Buka gulungan sekali selama 3-4 minggu

Cara untuk mencegah kotoran supaya dan mengecek apakah karpet permadani ada kutu. Ketika ada kotoran silahkan anda langsung membersihkan dengan vacuum cleaner supaya menjaga dari kuman dan kotoran.

Baca Juga : manfaat takmir masjid

5.      Jangan simpan karpet dekat jendela atau dekat dengan matahari

Dan hindari ketika menyimpan karpet di tempat yang lembab karena membuat karpet menjadi mudah jamuran. Namun anda menyimpan karpet di tempat yang sejuk dan kering.

Nah, demikian sebuah tips menyimpan karpet, jadi simpanlah dengan benar dan terjaga. Supaya karpet permadani anda terlihat tetap bagus seperti semula.

Saya akan mengasih tipe menyimpan karpet masjid.berikut ini tipsnya:

Tipe menyimpan karpet masjid yang baik dan benar

1.      Pastikan karpet dalam keadaan kering

Sebelum anda menggulung dan menyimpannya di gudang kalian harus pastikan bahwa karpet masjid tidak basah dan lembab. Karena ketika karpet masjid basah itu akan membuat karpet mudah jamuran . Karpet akan mudah rontok bulunya dan warna dari karpet akan mudah luntur.

 

Demikian adalah sangat penting untuk anda yang ketika hendak menyimpannya. Karena hal-hal yang tidak diinginkan tersebut seperti di atas bisa hindari. Dan selain itu anda juga bisa, ketika ingin di simpan hendaknya anda bersihkan dengan vacuum cleaning.

 

  1. Gulungnya dengan rapih 

Karpet masjid yang anda gulung tidak rapih itu akan membuat karpet anda cepat rusak. Jadi ketika karpet anda gulung dengan rapih dan sesuai dengan benangnya  akan membuat karpet tetap presisi

 

3.      Gunakan lakban ketika mengikat karpet

Setelah di gulung hendaknya mengunci dengan lakban karena cara dua atau tiga kali. Selain itu menggunakan lakban juga lebih mudah dan menghemat biaya daripada anda menggunakan tali.

Baca Juga : Jual karpet masjid terdekat murah

4.      Simpan karpet masjid dengan tegak

Karena hal yang seperti ini sangat sepele. Banyak yang menyimpannya dengan cara di tumpuk, jika yang di tumpuk hanya tiga lapis itu tidak masalah. Namun ketika yang di tumpuk hingga tinggi maka akan menyebabkan karpet yang paling bawah menjadi melar.

Mungkin ini saja yang saya kasih saran ke anda untuk menyimpan karpet masjid yang benar dan rapi. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti lembab dan mudah jamuran.

jika ingin info yang lebih jelas bisa kunjungi website ini: http://pusatkarpetsajadah.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *